Jumat, 25 Februari 2011

OPERA VAN JAVA

  opera van java, biodata opera van java, opj, ovj, biodata lengkap ovj, latar belakang opera van java, sule ovj, andre ovj, nunung ovj, aziz gagap ovj, parto ovj, sejarah ovj, ovj tranz 7



 Hari ini saya hanya sekedar iseng untuk mengisi blog saya yang hanya ada beberapa isi ini. Namun saya membedah total blog saya dan menghapus semua postingan lama saya, dan inilah yang saya bahas untuk pertama kali. Opera Van Java.
Cerita sedikit pasti boleh kan? Alasan saya membagi informasi tentang Opera Van Java karena saya sangat menyukai acara ini. Dan mungkin kamu yang juga sedang cari tahu bisa puas dengan postingan amatir saya ini.
Opera van java adalah sebuah acara komedi situasi di Indonesia yang disiarkan di TRANS7. ide dari acara ini adalah seperti pertunjukan wayang orang pada kebudayaan Jawa. Bedanya wayang yang disuguhkan berbalut komedi. Para wayang diperankan oleh pelawak diindonesia seperti Andre Taulany, Aziz Gagap, Nunung Srimulat, Olga Syahputra dan Sule, serta Parto yang berperan sebagai Dalang dalam setiap episodenya dan Rina Sinden, Dewi Gita sebagai Sinden juga para pemain gamelan dan pastinya para bintang tamu yang berbeda disetiap episodenya.
Walaupun ide dari acara ini adalah pewayangan, namun cerita yang diangkat tidak harus cerita-cerita rakyat indonesia, tetapi bisa juga cerita dari negara lain seperti Cinderella, Sun Go Kong dan masih banyak lagi. Serta film-film yang terkenal seperti Catatan Harian Boy, serta masalah yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan seperti Bank Centuri dan masih banyak lagi.
Acara komedi ini sangat Booming dan menduduki reting tertinggi acara komedi saat ini. Hingga acara ini tampil setiap hari dengan cerita yang berbeda-beda. Acara ini dimulai sejak tahun 2008. yang unik dari acara ini adalah hanya Dalang yang tahu cerita yang akan dimainkan dan para wayang harus menuruti perkataan Dalang. Contohnya saja saat Dalang menyuruh “Jungkir Balik” maka para wayang itupun menurutinya. Oleh karena itu para wayang dituntut melakukan improvisasi adegan dan dialog dengan cepat agar setiap babak di Opera Van Java mengalir dengan sendirinya.
Para wayangpun sering sekali diprotes Dalang jika peran yang dimainkan wayang melenceng dari naskah. Saat itulah sang Dalang turun tangan ke panggung untuk membenarkan cerita. Namun, namanya juga acara lawak. Sang Dalangpun sering kali membelikan celotehan dan guyonan yang memancing tawa. Walupun niatnya sang Dalang marah kepada para wayang. Para wayang sering kali tidak menuruti perkataan dalang karna tidak masuk akal, contohnya saja ketika Dalang menyuruh wayang untuk menangis sambil melotot dan berguling-guling. dan juga para wayang tidak menuruti perkataan Dalang karena memang ia tidak mau. Contohnya ketika Dalang menyuruh mereka mati. Banyak dari mereka yang muter-muter dulu, ngelawak dan akhirnya ia mati, biasanya Sule yang sering melakukan itu.
Cerita yang disuguhkan Opera Van Java cenderung ngawur dan tidak jelas kemana jalan ceritanya karena para wayang lebih sering asyik dengan lawakan mereka sendiri. Namun inilah ciri khas dari Opera Van Java. Dan banyak dari orang-orang mengikuti gaya lawak mereka. Opera Van Java dilihat seperti saat pertunjukan latihan, sehingga tidak kaku dan lebih banyak ngawurnya.
Opera Van Java juga menonjolkan perubahan setting lokasi dan bahan-bahan property. Bedanya bahan-bahan property kebanyakkan menggunakan bahan dari Styrofoom yang mudah dihancurkan. Gaya ini pernah ditampilkan saat zaman Charlie Chaplin dan sukses lagi ditampilkan di Opera Van Java.
Pada setiap akhir acara Dalang (Parto) selalu mengucapkan pantun khas Opera Van Java yang berbunyi: “Disana Gunung Disini Gunung, Ditengah-tengahnya Pulau Jawa, Wayangnya Bingung Dalangnya Bingung, Yang Penting Bisa Ketawa. Ketemu lagi Di Opera Van Java, Ya... Eee...”.

Format                                               : Acara komedi
Pemeran                                             : Parto Patrio (sebagai Dalang)
                                                  
Rina Sinden (sebagai Sinden)
                                                  
Andre Taulan
                                                  
Sule
                                                  
Azis Gagap
                                                  
Nunung Srimulat
Negara                                                : Indonesia
Production Produser Eksekutif       : Sambodo
Produser                                            : Yustina Pramita
Lama waktu                                       : 60 menit
Siaran Saluran asli                            : Trans7
Pertama tayang                                 : 2008

Biodata Andre Taulany

Andre Taulany atau sering disebut dengan Andre Stinky atau Andre OVJ merupakan artis atau Komedian Indonesia yang lahir di jakarta, 17 September 1974. Berprofesi sebagai pemain sinetron, film, sekaligus sebagai Komedian. Namun Andre lebih dikenal dengan nama Andre OVJ sejak main di Opera Van Java.
Nama Andre Taulany sebenarnya sudah dikenal sejak dulu, ketika dirinya masih berkarir di bidang musik dengan band nya Stinky. Nama Andre Taulany pun sempat tenar di kalangan industri musik tanah air. Sudah 8 Album dikeluarkan oleh Stinky
Saat ini, nama andre taulany tidak dikenal sebagai musisi melainkan sebagai komedian. Karena aktingnya yang kocak di berbagai acara komedian membuat dirinya lebih dikenal sebagai komedian. Beberapa acara yang turut membangun kembali eksistensinya di dunia hiburan tanah air yaitu lewat akting kocaknya di acara komedi “Opera Van java”. Selain OVJ, andre juga sempat berakting di beberapa acara komedi seperti, Ngelenong Nyok, Komedi Betawi, dan Lenong.co.id. iapun kini telah menikah dengan seorang wanita yang bernama Rien Wartia dan dikarunai seorang laki-laki.

BIODATA

NAMA                                     : ANDRE TAULANY
NAMA PANGGILAN               : ANDRE
STATUS PERKAWINAN        : Sudah Menikah
CIRI KHAS                              : Paling Pasrah Di Opera Van Java
                                                  Selalu membawa pintu sendiri di Opera Van Java
KARIER                                   : Menjadi Wayang di OPERA VAN JAVA
                                                  Menjadi Promotor di THE PROMOTOR
                                                  Menjadi Host di PAS MANTAB

Biodata aziz gagap

Azis Gagap menjadi pelawak terpopuler saat ini karena penampilannya yang sukses di acara Opera Van Java. Selain karena gayanya yang kocak pada acara komedi Opera Van Java. Juga spontanitas gaya lawaknya yang gagap. bersama temannya Nunung, Andre Stinky, dan Sule. Selain di acara komedi Aziz juga menjadi host / presenter.

Perjalanan hidup Azis juga tidak semulus yang kita lihat sekarang, Azis pernah menjadi Kontraktor bangunan. Namun karna ia merasa memiliki jiwa seorang pelawak ia tinggalkan hidupnya sebagai seorang Kontraktor dan menjajal sebagai pelawak.

Tidak langsung melejit seorang Azis ini, ia pernah tampil diacara komedi dan hanya dibayar 25.000. namun tahun ini sepertinya tahunnya Azis Gagap, sekarang ini, Azis sering tampil di banyak acara televisi yang berbeda-beda. Bahkan kini ia berhasil masuk Nominasi Pelawak di Ajang Panasonic Gobel Award yang ke tiga belas. Bersaing dengan teman sekandangnya Sule dan Olga Syahputra serta pelawak lama Eko Patrio dan Komeng.


BIODATA

NAMA                                     : MUHAMMAD AZIS
NAMA PANGGILAN               : AZIS GAGAP
STATUS PERKAWINAN        : Sudah Menikah
CIRI KHAS                              : Gagap
                                                  Rambut dibagian tengah berwarna Kuning
KARIER                                   : Menjadi Wayang di OPERA VAN JAVA
                                                  Menjadi Promotor di THE PROMOTOR
                                                  Menjadi Host di BEAUTY AND AZIS
                                                  Menjadi Host di DERINGS
                                                  Menjadi Host di PLAYLIST
                                                  Dan Masih Banyak Lagi

Biodata Nunung

Tri Retno Prayudati atau lebih dikenal dengan Nunung merupakan artis kelahiran Solo, Jawa tengah, 5 April 1964. menjalankan profesinya sebagai komedian di tanah air. Namanya dikenal ketika dirinya menjadi salah satu pemain dalam lakon srimulat. Selain itu nunung juga tenar ketika bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sekarang ia bermain dalam acara komedi Opera Van java bersama sule, azis gagap, dan Andre Taulany.
Nunung juga sempat menyabet penghargaan Panasonic Award 1999 dengan kategori Pemeran Komedi Wanita Terfavorit. Pada kehidupan pribadinya, ibu dari 2 anak ini rupanya telah mengalami kegagalan hingga 2 kali terhadap pasangan mudanya. Yang pertama ia gagal mempertahankan pernikahannya dengan Daniel Setyadi, yang usianya terpaut 8 tahun lebih muda. Setelah itu pertengahan tahun 2008, nunung kembali gagal dalam pernikahannya dengan Rohani Widodo, cowok yang lebih muda 12 tahun. Nunung juga dikaruniai 2 anak lelaki dari pernikahannya, bernama Bagus dan Putra.

BIODATA

NAMA                                     : TRI RETNO PRAYUDATI
NAMA PANGGILAN               : NUNUNG
STATUS PERKAWINAN        : Sudah Pernah Menikah (Janda)
CIRI KHAS                              : Badannya selalu bergoyang saat berbicara
                                                  Ketika ketawa selalu buang air kecil
KARIER                                   : Menjadi Wayang di OPERA VAN JAVA

Biodata Parto

Eddy Supono lahir di Jakarta, 17 April 1961 lebih dikenal sebagai Parto Patrio salah satu anggota dari grup trio lawak Patrio. Bersama kedua rekan penyiar di Radio SK, Akri dan Eko, mereka mendirikan grup lawak patrio tanggal 10 Oktober 1994. Patrio mencapai ketenaran nasional lewat acara Ngelaba di stasiun televisi TPI. Setelah nama mereka populer, masing-masing anggota sering mendapat pekerjaan untuk manggung sendiri-sendiri. Meski demikian, mereka tetap berkomitmen untuk Patrio. Selain sering muncul di acara dengan tema lawak, Parto juga pernah mendukung beberapa sinetron komedi. Dan kini ia berperan menjadi Dalang di Opera Van Java. Dan mantan pemain Sitkom OKB di Trans7.
Parto menikah dengan Ida Murwani. Dari pernikahan ini, Parto mempunyai 3 orang anak. Tahun 2001, Parto menikah lagi dengan seorang artis pendatang baru, Dina Risty. Dari istri kedua, Parto mempunyai seorang anak
Bulan Agustus 2004, Parto terpaksa berurusan dengan polisi atas keterlibatan dalam penggunaan senjata api secara sembarangan. Peristiwa itu terjadi di sebuah cafe tempat acara ulang tahun anak rekannya, Eko Patrio. Saat hendak pulang, langkah Parto dan Dina, istri keduanya, ditahan para wartawan yang hendak meminta konfirmasi kabar bahwa Parto telah sebulan tidak mengunjungi istri pertamanya. Merasa jalannya dihalang-halangi, Parto marah dan menembakkan pistol ke atas. Kasus tersebut berlanjut dengan pelaporan sejumlah pekerja infotainment yang merasa terancam oleh Parto. Namun kasus ini akhirnya selesai dengan perdamaian. Pihak pelapor telah mencabut gugatannya dan telah ditandatanganinya nota kesepakatan antara pelapor dan Parto.

BIODATA

NAMA                                     : EDDY SUPONO
NAMA PANGGILAN               : PARTO PATRIO
STATUS PERKAWINAN        : Sudah Menikah
CIRI KHAS                              : Selalu memakai baju adat jawa di Opera Van Java
KARIER                                   : Menjadi Dalang di OPERA VAN JAVA
                                                  Menjadi Host di PAS MANTAB

Biodata Sule

Entis Sutrisna sering dipanggil dengan sule merupakan artis indonesia yang profesional sebagai komedian indoneisa. Lewat kemenangannya di ajang pencarian bakat melalui grup SOSlah awal karir Sule merintis.

BIODATA

NAMA                                     : ENTIS SUTRISNA
NAMA PANGGILAN               : SULE
STATUS PERKAWINAN         : Sudah Menikah
CIRI KHAS                              : rambut yang panjang berwarna pirang.
KARIER                                  : Menjadi Wayang di OPERA VAN JAVA
                                                  Menjadi Host di PAS MANTAB



Maaf jika posting ini tidak penting atau kurang bagus menurut anda. Saya disini adalah pemula dan hanya ingin membagi informasi yang saya ketahui untuk kalian. Terimakasih anda telah berkunjung disini. Jika anda suka dengan posting-an ini silahkan anda share.


Anda dapat hubungi saya melalui dibawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar